Web Backlink Terindeks Google

Web Backlink Terindeks Google

Web Backlink Terindeks Google – Telah lakukan semua taktik SEO akan tetapi situs Anda tidak mendapatkan rangking tinggi atau berada di page one?

Salah satu perihal yang kemungkinan terjadi ialah web Anda tidak terindeks oleh Google. Bila web Anda tidak terindeks oleh Google, itu bermakna Google tidak dapat mendapati web Anda.

Web Backlink Terindeks Google

Jika mereka tidak dapat mendapati dan membaca web Anda, karena itu rangking web Anda tidak bertambah. Maka untuk mendapatkan rangking, web Anda perlu di-index oleh Google atau masuk di dalam Google Indeks.

Baca Juga: Algoritme Google dan Update

Tapi saat sebelum web Anda di indeks oleh Google, Google perlu lakukan crawling lebih dulu di web Anda. Apakah itu? Anda tak perlu cemas karena kami akan mengulas semua di artikel kesempatan ini.

Langkah Kerja Search Engine

Saat sebelum kita mengulas lebih detil mengenai crawling dan indexing, kita harus pahami dahulu bagaimanakah cara kerja mesin pencari atau mesin penelusur.

Mesin pencari sendiri dibikin untuk mendapati, pelajari, dan mengatur content yang berada di Internet untuk memberikan pencarian hasil yang paling berkaitan. Supaya web Anda dapat ada di halaman pertama hasil penelusuran, Anda harus pastikan jika web Anda dapat diketemukan dan dibaca oleh mesin pencari. Ini ialah hal terpenting dalam SEO. Sia-sia bila Anda telah lakukan semua taktik on-page atau off-page SEO, tapi web Anda tidak kelihatan oleh search engine; web Anda tidak ada di SERP (mesin pencari result page atau halaman hasil penelusuran).

Lalu bagaimanakah cara kerja mesin pencari sampai mereka dapat membaca web kita? Ada tiga peranan khusus dari mesin pencari, yakni:

Crawl: Proses yang mana Google spider cari content di Internet dan memerika tiap code atau content dari tiap URL yang mereka dapatkan.

Indeks: Dalam proses ini, Google akan simpan dan mengatur content yang diketemukan sepanjang proses crawling. Sesudah sebuah halaman usai di-index, halaman ini nanti akan diperhitungkan ketika berada penelusuran yang berkaitan.

Rank: Proses ini ialah proses yang mana Google akan mengurutkan content yang mana paling berkaitan dengan penelusuran pemakai.

Saat ini, kami akan mengulas lebih komplet mengenai crawling dan indexing.

Crawling Web oleh Google Spiders

Sama seperti yang telah diterangkan dengan singkat di atas, crawling ada proses penelusuran di mana mesin pencari mengirimi robotnya (untuk Google dikenali bernama Google Spiders) untuk cari beberapa konten baru yang berada di Internet. Content ini dapat berbentuk beberapa hal, dimulai dari halaman web, gambar, video, file PDF, dan lain-lain. Apa saja formatnya, content biasa diketemukan berdasar link.

Spider mulai akan bekerja dengan menyaksikan beberapa halaman web dan mengikut links yang berada di halaman web itu untuk cari URL baru. Dengan melalui bermacam links ini, Google Spiders dapat mendapati content baru dan memasukkan ke indeks mereka – sebuah database berisi URL-URL yang mereka dapatkan. Nanti dari indeks ini mereka akan pilih content yang mana terbaik untuk pencarian.

Untuk pastikan jika web Anda di-crawl secara benar, ada banyak hal yang dapat menolong, yakni:

Robots.txt

File yang ini biasa berada di root direktori sebuah web. Robots.txt berperan untuk memberitahu sisi manakah dari web Anda yang penting dan tak perlu di crawl oleh mesin pencari. Bila robot Google tidak dapat mendapati file robots.txt sebuah web, mereka akan masuk dan meng-crawl web.

Meta directives

Untuk meta directives, ada dua jenis yang dapat dipakai yakni meta robots tag dan x-robots-tag. Antara ke-2 nya, meta tag lebih sering dipakai. Untuk Anda yang memakai WordPress, Anda dapat mengendalikannya lewat Dasbor WordPress Anda. Akses Dasbor > Settings > Reading selanjutnya yakinkan jika kotak “Search Engine Visibilitas” tidak dicentang.

Sitemaps

Sitemap ialah sebuah daftar URL di web Anda yang bisa dipakai crawler untuk mendapati dan mengindeks content Anda. Salah satunya langkah paling mudah untuk pastikan Google mendapati halaman fokus paling tinggi Anda ialah membuat file yang penuhi standard Google dan mengirimkan lewat Google Search Console. Mengirim sitemap memang tidak gantikan keperluan navigasi situs yang bagus, tapi ini bisa menolong crawler untuk masuk di semua halaman penting yang berada di web Anda.

Google Search Console

Dalam beberapa kasus, web memberikan opsi beberapa URL berlainan untuk satu halaman web. Bila Anda pernah belanja online, peluang Anda mempersempit penelusuran Anda lewat filter. Misalkan, Anda bisa cari “sepatu” di Amazon, lalu memfilter penelusuran Anda berdasar ukuran, warna, dan style. Setiap Anda lakukan pengubahan pada filter karena itu URL akan berbeda. Bagaimanakah cara Google ketahui versus URL yang mana akan diperlihatkan ke pencarian di halaman hasil penelusuran? Google dapat lakukan ini sendiri, tapi akan lebih bagus bila Anda memberitahukan Google. Anda dapat lakukan ini lewat Google Search Console.

Google Indeks: Web Harus Web Backlink Terindeks Google

Sesudah Anda pastikan jika web Anda telah di-crawl seperti tekad dan keperluan Anda, seterusnya Anda perlu pastikan jika halaman situsnya di-index oleh Google. Di-crawl bukan bermakna langsung di-index oleh Google. Indexing ialah proses ke-2 dalam frame-work kerja mesin pencari. Apakah itu indexing? Indexing ialah proses yang mana mesin pencari simpan beberapa data dari web Anda supaya bila ada yang lakukan penelusuran dan halaman web Anda berkaitan dengan keywordnya, mereka dapat munculkan halaman web di halaman hasil penelusuran (SERP).

Ini ialah argumen mengapa Google Indeks itu wajib. Jika Google telah meng-index halaman web Anda dan memunculkan di halaman hasil penelusuran, karena itu Anda akan mendapatkan trafik yang semakin banyak.

Lalu apa semua web di-index Google? Tidak juga. Google umumnya pilih untuk mengindex content yang baru dan orisinal karena mereka yakin jika content dengan karakter ini akan memberi pengalaman pengguna yang lebih bagus untuk pemakai mereka. Google benar-benar sangat pemilih saat menentukan content yang akan ditampilkan di halaman hasil penelusuran. Jadi jika Anda mengopi content Anda dari web lain, Google Indeks tidak ambil web Anda.

Kemungkinan saat ini Anda sudah mengetahui jika dalam ketentuan SEO, duplikasi konten atau content duladalah hal yang jangan berada di web Anda. Mengapa? Karena duplikat konten sesungguhnya membuat Google bingung yang mana seharusnya ditempatkan di rangking yang semakin tinggi. Jadi betul-betul jauhi konten duplikat. Bukan hanya menghindar konten duplikat di web Anda sendiri, Anda pun harus waspada jika ada orang yang menduplikat content Anda. Untuk membaca semakin banyak dan ketahui langkah menghindariinya, Anda dapat membaca artikel kami Langkah Menangani Plagiat Content atau Website.

Lalu adakah langkah untuk pastikan jika Web Backlink Terindeks Google?

Sesungguhnya, tidak betul-betul ada langkah untuk tahu apa Google tentu meng-index web Anda. Tapi, sekian tahun akhir-akhir ini, beberapa digital marketing telah mendapati cara-cara yang dapat Anda kerjakan supaya web Anda mendapatkan Google Indeks.

Hal pertama kali yang dapat Anda kerjakan ialah memakai Google Search Console atau yang dahulu dikenali bernama Google Webmaster Tools. Ini sebagai salah satunya tools SEO yang paling menolong. Google Search Console gratis loh untuk dipakai. Kecuali untuk memberitahu Google mengenai halaman web Anda, Anda bisa juga memakainya untuk memantau crawling, indeks errors, dan permasalahan keamanan web. Jika Anda telah mempunyai account Google Analytics, Anda dapat memakai account yang serupa untuk memakai Google Search Console.

Sesungguhnya, ada beberapa kembali web yang dapat Anda pakai untuk menotifikasi Google mengenai ada content baru di web Anda. Proses ini dinamai “Ping”. Kadang menanti mesin pencari meng-crawl web Anda memakan waktu, jadi Anda langsung bisa memberitahukan Google. Ini adalah taktik yang sering dipakai oleh beberapa digital marketing. Beberapa web yang populer ialah Ping-O-Matic, Pingler, dan Linklicious. Anda tinggal masukkan URL halaman situsnya dan mereka akan lakukan kerjanya. Bila Anda memilih untuk memakai cara ini, yakinkan jika Anda tidak banyak masukkan URL web Anda ke Ping tools ini karena jika Google mendapatkan kebanyakan pemberitahuan dari Anda, web Anda dapat diikuti spam.

Langkah yang dapat Anda kerjakan supaya Anda di-index bisa lebih cepat oleh Google dengan memakai taktik link-building. Memperoleh back-link dari web lain dengan domain authority semakin tinggi dapat menolong proses indexing untuk jadi lebih cepat. Menyimpan link ke web di forum-forum seperti Kaskus atau Reddit adalah langkah yang sering dipakai untuk memperoleh back-link. Dengan menempatkan link di web dan komunitas populer, Google biasa akan bisa lebih cepat mengindex web Anda. Jika halaman web Anda banyak didatangi orang tentu saja itu akan tersimpan di Google Indeks semakin lama.

Simpulan

Di artikel ini kami telah mengulas mengenai crawling dan Google Indeks. Ke-2 cara ini ialah cara yang diambil Google saat sebelum mereka tingkatkan rangking web Anda di halaman hasil penelusuran. Sesudah Google cari, mendapati, dan simpan beberapa data web Anda di Google Indeks karena itu web Anda kemungkinan akan mendapatkan rangking tinggi di halaman hasil penelusuran untuk kata kunci (keyword) berkaitan