LAN Card Dikupas Tuntas

LAN Card Dikupas Tuntas

LAN Card Dikupas Tuntas – Untuk artikel kali ini kami akan membahas berbagai hal LAN Card dari Tipe, Langkah Kerja dan Troubleshooting .

Di mana dalam masalah ini mencakup pemahaman, peranan, tipe, langkah kerja dan troubleshooting, nach untuk dapat lebih pahami dan dipahami baca pembahasan secara lengkap di bawah ini.

LAN Card Dikupas Tuntas

Lan Card ialah kerap disebutkan dengan NIC “Network Interface Card”, Ethernet Card, Kartu Jaringan yakni satu piranti yang dipakai untuk menyambungkan antar computer dalam sebuah jaringan computer terutamanya jaringan Lan.

Baca Juga: Ketidaksamaan Wix versus WordPress

Selain itu LAN ( Local Tempat Network ) sebuah jaringan computer yang cuman meliputi daerah yang tidak luas misalkan jaringan computer dalam satu gedung, satu ruang/rumah, jaringan computer tipe LAN sering kali di pakai di kantor, lapangan terbang, hotel, warnet dan lain-lain.

Dua Tipe NIC ( Network Interfac Card)

Di pasar biasanya ada 2 “dua” tipe NIC ( Network Interfac Card ) diantaranya NIC yang memiliki sifat Fisik adalah Token Ring, NIC Ethernet dan lain-lain. Biasanya kartu jaringan berbentuk kartu yang bisa ditancapkan atau terpasangkan ke sebuah slots pada Motherboard atau mainboard computer, yang bisa berbentuk kartu dengan Bis PCI, MCA atau PCIE.

Kecuali berbentuk kartu-kartu yang ditancapkan pada motherboard, NIC fisik dapat berbentuk satu kartu external yang di mana kartu dengan Bis USB, Pararel, PCMCIA, Seri, Kilat Card hingga bisa tingkatkan mobilisasi “untuk pemakai mobile”, kartu Network Interfac card fisik terdiri jadi 2 “dua” tipe mencakup:

  1. Kartu NIC ( Network Interfac card ) dengan media jaringan yang detil ( Media-Spesifik NIC ) yakni yang membandingkan karti NIC jadi beberapa macam berdasar media jaringan yang digunakan. Misalkan NIC Ethernet yang bisa berbentuk Twisted-Pair “UTP atau STP”, Thinnet atau Thicknet atau bahkan juga tanpa kabel yang disebutkan Wireless Ethernet.
  2. NIC (Network Interfac Card ) dengan arsitektur jaringan yang detil (Architecture-Specific NIC) yakni yang membandingkan Kartu Jaringan jadi beberapa macam sesuai arsitektur jaringan yang digunakan. Misalkan Token Ring, Ethernet dan FDDI “Fiber Distributed Data Interface” yang semua memakai NIC yang berbeda. NIC Ethernet bisa berbentuk Ethernet 10 Megabit/Detik, 100 Megabit/Detik, 1 Gigabit/Detik atau 10 Gigabit.

NIC yang memiliki sifat rasional adalah LoopBack adapter Dialup adapter, kerap dikatakan sebagai Network Adapter. Pada tiap tipe NIC diberi nomor alamat yang disebutkan dengan MAC Address yang bisa memiliki sifat statis atau bisa diganti oleh-oleh pemakainya.

Peranan LAN Card

Peranan LAN card atau peranan ethernet card untuk menyambungkan di antara computer satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan LAN, lewat LAN ini tiap computer bisa sama-sama berganti data atau terhubung piranti keras seperti printer, sudah pasti agar bisa sama-sama berganti info antar computer di butuhkan setting-tertentu.

Saat ini lebih banyak tipe dan merk dari LAN card yang ada di pasar, untuk memakainya sudah pasti harus kompatible dengan motherboard dan memasang software drivernya.

Adapun peranan lain dari Ethernet Card ini yakni.

  • Sebagai pengatur saluran data antar host/computer pada suatu jaringan.
  • Mempersiapkan data dari computer agar ditransfer/dikirim ke computer lain supaya berjalan lewat media penyambung.
  • Menerima data dari computer lewat kabel dan ditranslate berbentuk bit yang dipahami oleh computer.

Dikupas Tuntas Tipe-Jenis LAN Card

Berikut ada banyak beberapa jenis lan card, terdiri dari:

  1. PCI Adapter

PCI (Peripheral Component Interconnect) ialah bis yang sebelumnya didesign untuk gantikan Bis ISA/EISA yang digunakan dalam sistem computer IBM. Di-launching pertama kalinya tahun 1992 dan ada banyak digunakan sampai saat ini untuk computer desktop yang memiliki slots PCI tentu saja. Dari tipe adapter jaringan ada dua jenis penggunaan yakni untuk yang adapter jaringan kabel dan untuk adapter jaringan wireless atau jaringan nirkabel. Gambar berikut memperlihatkan slots PCI pada motherboard computer dan kartu jaringan PCI untuk LAN dan untuk wireless.

  1. USB Adapter

USB (Universal Seri Bis) ialah standar Bis seri yang memiliki desain asimmetris dan di desain sebagai slots yang paling ringkas untuk hilangkan pentingnya tambahan slots PCI pada computer. Kartu jaringan wireless USB, yang sering digunakan karena karakternya yang ringkas dan sering digunakan untuk kartu jaringan wireless. Tidak ada kartu jaringan LAN yang menggunakan slots USB terkecuali yang dari tipe wireless. Kartu jaringan wireless ini ada beberapa jenis bergantung standar technology yang dipakai, mencakup:

  • Kartu jaringan USB wireless-B yang bekerja berdasar standar Wireless 802.11B dan bekerja dengan kecepatan maksimal 11 Mbps memakai frequency band 2,4 GHz, share jaringan dengan kemampuan keluaran secara real sampai 7 Mbps. Memiliki capaian yang baik tetapi gampang dikuasai oleh intervensi radio.
  • Ada banyak mode yang memakai technology wireless-G ini yang dipercepat dengan ditambahkan tehnologi MIMO yang dapat hasilkan kecepatan sampai 180 Mbps bagus.

meskipun masih draft (belum final) namun sebagian besar pabrik pembikin perangkat wireless adopsi technology ini. Anda tak perlu cemas permasalahan compatibility dari standar wireless-N ini karena tiap produk wireless-N yang lulus tes certifikasi “Wi-Fi Certified” bermakna ia telah terbukti kompatibilitynya dengan jaringan standar awalnya 802.11B/G. umumnya diikuti dengan tanda certifikasi “Wi-Fi Certified”. Tipe USB adapter wireless ini biasa dipakai bagus untuk computer desktop atau netbook. Gambar berikut memperlihatkan beberapa mode kartu jaringan USB dan tanda certifikasi “Wi-Fi Certified” bagus untuk wireless-G (yang compatible dengan wireless-B) atau untuk yang wireless-N (yang compatible dengan wireless-B/G).

Ada pula beberapa mode perangkat USB ini menyatukan technology 802.11N dan 802.11A mengahsilkan adapter wireless -N dengan dual-band 2,4 GHz dan 5 GHz yang umumnya bekerja secara berbarengan, memungkinkannya anda menggunakan frequency band 5 GHz untuk keperluan applikasi atau rutinitas yang membutuhkan bandwidth intens yang tinggi seperti streaming High Definition media.

  1. CardBus /PCMCIA

Kartu jaringan Cardbus atau PCMCIA yang digunakan pada slots Cardbus atau PCMCIA dari netbook. Kartu jaringan dari tipe Cardbus ini banyak digunakan untuk kartu jaringan wireless , meskipun sebelumnya banyak dibuat adapter LAN dengan speed 10 Mbps. Di zaman netbook zaman dahulu yang tidak diperlengkapi dengan kartu jaringan onboard. Saat ini telah tidak lagi ada dipasaran untuk Cardbus kartu LAN 10 Mbps. Saat ini kartu jaringan Cardbus sering digunakan untuk kartu jaringan wireless baik dari standar 802.11b/g/n.

  1. ExpressCard

Kartu jaringan dari tipe ExpressCard ialah tipe baru yang banyak mulai dipungut oleh netbook akhir-akhir ini mulai tahun akhir 2006-an. Keuntungan khusus dari technology ExpressCard dibandingkan CardBus ialah kenaikan bandwidth yang paling menegangkan dibandingkan technology Cardbus.

Mengapa demikian? Kartu jaringan ExpressCard memiliki jaringan langsung ke sistem bis lewat satu lajur X1 Kilat PCI dan USB 2.0. Sedang Cardbus memakai controller interface yang cuman menggunakan interface PCI. ExpressCard memiliki kemampuan keluaran bandwidth maksimal sampai 2,5 Gigabit per second. Lewat PCI Kilat dan keluaran dari USB 2.0 sampai 480 Mbps khusus untuk masing-2 slots ExpressCard.

Saat itu, power yang digunakan nyaris setengah (1.5 V dan 3.3 V) dari power yang digunakan Cardbus (3.3 V dan 5.0 V).

Selain untuk wireless-N ExpressCard adapter, tipe kartu jaringan ExpressCard ini ada yang dipakai. Untuk ExpressCard Gigabit LAN adapter dengan konektor RJ-45. Dengan kartu jaringan ExpressCard LAN ini memungkinkannya anda lakukan jaringan ke jaringan Gigabit Switch.

Dengan kestabilan yang ultra-solid pada kecepatan tinggi. Benar-benar baik untuk activitas yang memerlukan bandwidth terlalu berlebih. Seperti media high definition (HD media), publishing media berkualitas tinggi, jaringan memiliki tinggi, data share atau database.

Sebagian besar computer desktop atau netbook telah diperlengkapi dengan adapter kartu jaringan. Khusus untuk netbook atau netbook selain diperlengkapi adapter onboard NIC.

Mereka juga diperlengkapi dengan Wi-Fi baik yang berbasiskan 802.11B/G . Maupun pada seri terbaru sudah menggunakan Wi-Fi berbasiskan 802.11N yang compatible dengan 802.11B/G.

Dikupas Tuntas Langkah Kerja LAN Card

LAN Card bekerja jika ada kesinambungan dengan perlengkapan lain di computer, yakni berbentuk memory kartu DMA. Pada ketika berada saluran data pararel masuk di LAN Card, saat itu akan mengirim ke area menyimpan data atau memory. Sesudah dibedakan sesuai beberapa paket yang ada dalam kartu memory. Baru data pararel itu akan diganti jadi data seri hingga dapat dikirim memakai media yang ada.

Di saat pengerjaan frame itu karena itu data pararel yang sudah diganti. Jadi seri itu diperlengkapi dengan alamat, signal atau mekanisme pengujian kekeliruan. Data baru yang sudah diganti itu akan diganti kembali. Dengan menjadi pulsa electronic yang memiliki kandungan info yang selanjutnya ditransmisikan pada jaringan media yang ada.

Semua tingkatan pekerjaan itu akan berjalan secara cepat sekali hingga tidak ada interval di antara data yang dikirimkan dari computer. Sampai saat data itu diterima di computer selanjutnya.

Troubleshooting LAN Card

LAN card ialah penyambung di antara sistem computer dengan performa computer lain atau bisa disebutkan LAN card sebagai signal. Untuk sama-sama share di antara computer satu dengan computer lainnya. Konsep kerja LAN card ialah terima signal dari computer lain selanjutnya mentranmisikan di dalam saran. Kemudain dibuat jadi data demikian sebaliknya sama-sama share.

LAN CARD bisa dipakai untuk menyambungkan sistem computer satu dengan lain lewat mediator HUB. Hingga dalam tempat itu membuat satu jaringan computer.

LAN CARD dapat alami permasalahan atau masalah karena ada banyak permasalahan. Beberapa ciri dari LAN CARD yang alami troubleantara lain sebagai berikut ini:

  1. Lampu indicator pada LAN CARD tidak berpijar di saat konektor dipasang. Permasalahan ini umum terjadi disebabkan karena Lan Card telah error hingga perlu ditukar sama yang lain.
  2. Tidak bisa install driver. Permasalahan ini bisa ditangani jika kita sudah tahu driver apa yang sesuai driver bawaanya dari Lan Card itu.
  3. LAN CARD tidak teridentifikasi dari menu control panel. Kasus ini bisa ditangani sesudah kita memasang driver dari Lan Card itu. Tanpa install driver karena itu Lan Card tidak pernah teridentifikasi oleh sistem kerja computer.