e-Money Populer di Indonesia

01 e-Money Populer di Indonesiae-Money Populer di Indonesia merupakan sebuah model transaksi yg telah di gunakan dan di manfaatkan oleh penduduk Indonesia.

Pemakaian e-Money telah meluas oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan transaksi baik itu secara online maupun secara langsung di tempatnya seperti di Indomaret, maupun tempat yg menerima pembayaran melalui e-Money.

Selain hal – hal yg kami sebutkan diatas, e-Money juga dapat di pakai untuk bermacam – macam hal seperti pembayaran tagihan:

  • Listrik
  • Air
  • dan sebagainya.

Dan semua prosesnya dapat di lakukan menggunakan HP kita dari rumah. Baca juga: Software Membuat Video Animasi

e-Money Paling Populer di Indonesia

Menurut Bank Indonesia, mengatakan bahwa terdapat peningkatan sebanyak dua puluh persen yg di lakukan untuk transaksi non-tunai sampai November 2020. Peningkatan tersebut di karenakan penduduk Indonesia tidak dapat bergerak bebas dalam berbelanja karena adanya aturan PPKM.

Sehingga banyak yang memanfaatkan jasa online untuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari dan logistik lainnya. Oleh sebab itu BI juga memanfaatkan tren uang digital ini untuk integrasi ekonomi fintech.

Lalu apa saja e-Money yg di pakai oleh Indonesia dalam melakukan transaksi tersebut? Berikut adalah beberapa uang digital yg sering di gunakan oleh penduduk Indonesia.

1. Go Pay

Berasal dari website Gojek, Go Pay merupakan sebuah e-Money yg dapat di gunakan untuk melakukan transaksi dan payment lainnya  yang dapat di lakukan dengan mudah melalui sebuah aplikasi Gojek. e-Money yg ada di dalam Go Pay ini dpat di gunakan untuk melakukan pertukaran seperti:

  • Layanan tersedia di Gojek
  • Pembayaran struk dari toko maupun restoran yang bekerja sama dengan Go Pay
  • Pay Later untuk pengguna tertentu
  • Transaksi lainnya seperti mengirim dana ke sesama pengguna gojek, ke bank, yang dapat di lakukan apabila pengguna telah memiliki Go Play Plus.

Menurut survey yg  di buat oleh Lembaga Riset Telematika Sharing Vision yg di lakukan di tahun 2020 akhir lalu, Go Pay berhasil berada di posisi pertama sebagai sebuah layanan e-Money yg banyak di manfaatkan oleh penduduk Indonesia.  Dimana hal tersebut di dapatkan dari hasil perolehan survey dengan perolehan delapan puluh satu persen dari peserta yg menjawab survey tersebut.

Fitur lain yg dapat di manfaatkan tidak lain dan tidak bukan adlah pembayaran yg dapat di lakukan dengan mudah melalui Go Pay ke Tokopedia. Seperti yg telah di jelakan sebelumnya, Gojek dan Online store seperti Tokopedia telah melakukan penggabungan perusahaan, atau yg sering kita sebut dengan merger.

Kedua perusaan raksasa ini bergabung dan menjadi perusaan yg lebih besar. Dan dengan adanya merger ini, maka untuk membayara sebuah barang dari online store Tokopedia ini dapat di lakukan dengan menggunakan Go Pay. Selain pemanfaatan Go Pay ke Merchant (penjual), kalian dapat juga membayar beberapa hal lainnya seperti:

  • Tagihan Listrik
  • BPJS
  • Pulsa
  • dsb.

2. OVO

e-Money selain Go Pay adalah OVO, dimana jenis e-Money Populer di Indonesia ini juga sering di gunakan dan banyak di pakai oleh para penduduk di Idnoensia. App yang di hadirkan oleh OVO ini membuat usernya dapat melakukan berbagai macam transaksi menggunakan e-MOney dengan mudah.

Selain itu, semakin sering sirkulasi e-Money yg ada di dalam akun klaian terjadi, maka kalian akan mendapatkan reward – reward yg berbentuk OVO Point. Hal tersebut dapat di gunakan untuk berbagai macam, baik itu mendapatkan diskon, dan sebagainya.

Melakukan transaksi menggunakan OVO dapat di lakukan menggunakan dua hal. Baik itu e-Money OVO maupun OVO Point yg telah kita sebutkan diatas. Dan OVO point ini juga akan memiliki hadiah lain berupa Loyalty Reward yg di peroleh melalui transaksi user OVO.

Untuk point tersebut, setiap satu OVO Point akan memiliki nilai satu rupiah, jadi jika kalian berhasil mendapatkan OVO Point sebanyak lima ratus ribu point, maka kalian dapat tukarkan dengan pembayaran yang senilai dengan point yg ingin kalian gunakan.

Menurut statistik yg dimiliki oleh Sharing Vision, OVO merupakan sebuah e-Money yg mendapatkan posisi kedua sebagai layanan e-MOney paling sering di pakai oleh penduduk Indonesia. Dan hal ini di dapatkan dengan perolehan OVO sebanyak tujuh puluh persen yg memilih e-Money ini.

Kolaborasi Grab dengan OVO

Dengan kolaborasi antara Grab dan juga OVO, user dari app OVO ini menjadi semakin banyak. Seperti yang kita pahami, bahwa Grab mengangkat OVO menjadi partner pembayaran yg mudah di lakukan. Dan menurut laporan, Bahwa grab memiliki sejumlah saham sebanyak 39,2% dari OVO.

Akan tetapi terdapat beberapa hal menarik yang wajib kalian ketahui dengan bersatunya Tokopedia dengan Go Pay. Lalu apa hubungannya dengan OVO?

Terdapat beberapa laporan yg mengatakan bahwa Tokopedia juga memiliki beberapa saham milik OVO. Dan dengan menyatunya antara gojek dengan Tokopedia. Maka tidak membingungkan jika Tokopedia lebih memanfaatkan GoPay sebagai salah satu metode payment-nya di bandingkan dengan OVO.

Lalu bagaimana keadaan OVO di Online store Tokopedia? Tenang saja, karena OVO masih tetap berpartner dengan Tokopedia. Dan pembayaran menggunakan e-Money OVO masih bisa di proses di toko online tersebut.

Shopee Pay

Dari Survey yg kita sebutkan sebelumnya, juga memiliki hasil dimana Shopee merupakan sebuah e-Money yg juga sering di pakai di INdonesia dan berhasil menempati posisi ke tiga.

e-Money Shopee Pay ini mempunyai bermacam – macam featur yg dapat di guinakan, seperti dapat di pakai untuk transaksi online di berbagai merchan online Shopee. Dan selain itu, pembayaran menggunakan Shopee Pay juga dapat di lakukan di restoran. Dan toko yg bekerja sama dengan Shopee tersebut.

Akan tetapi untuk kembalian dari pembayaran offline tersebut akan berupa Shopee Point yang mirip dengan OVO Point cara kerjanya.

Sejak pertama kali di rilis di bulan Agustus tahun 2020 Indonesia, ShopeePay bekerja sama dengan merchant online maupun offline untuk pembayaran offline, di pertengahan tahun 2021 ini. Shopee Pay dapat di gunakan lebih dari lima ratus kota di Indonesia.

Di akhir tahun 2020, penggunaan e-Money Shopee Pay ini bertambah pesat, dimana shopee mencatat sekitar empat puluh lima persen pembayaran di SHopee menggunakan layanan e-Money Shopee tersebut.

Lalu di awal tahun 2021 ini, shopee juga merilis sebuah fitur baru bernama SHopeeFood. Yang merupakan sebuah service untuk melakukan pengantaran makanan yang dapat di pesan secara online.  Pembayaran ShopeeFood in juga dapat menggunakan ShopeePay. Dan semenjak itu, shopeefood ini menjadi layanan paling dominan di Indonesia. Terutama di pulau jawa, dengan pengantaran makanan yg dahulu di kuasai oleh GoFood dan juga GrabFood.

Dan itulah beberapa pembahasan tentang e-Money Populer di Indonesia yang harus kalian ketahui untuk mempermudah kalian menentukan e-Money mana yang ingin di gunakan dalam melakukan transaksi jual beli di Indonesia.